Daerah Penghasil Batu Bara di Indonesia



DAERAH PENGHASIL BATU BARA DI INDONESIA
           
Perlu diakui jika negara Indonesia memiliki banyak sekali simpanan kekayaan sumber daya alam . Di Kalimantan banyak sekali sumber daya alam, salah satunya batu bara.



Menurut Wikipedia batu bara merupakan salah satu bahan bakar fosil. Namun, pengertiannya secara umum adalah batuan sedimen yang terbakar.
Bahan utama batu bara adalah sisa tumbuhan dan terbentuk dengan proses pembatubaraan. Batu bara terbentuk dari hasil endapan organik. Unsur utama dari batu bara itu sendiri terdiri atas karbon, hidrogen juga oksigen.
Berikut adalah daerah penghasil batu bara di Indonesia:
A. Bukit Asam
Daerah ini terletak di Tanjung Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Perkembangan batu bara di Tanjung Enim sudah dimulai sejak zaman kolonial Belanda di tahun 1919. Ketika itu, pertambangan masih memakai sistem tambang terbuka ataupun disebut juga Open Pit.
Seiring waktu berjalan, tahun 1923 tambang mulai menggunakan metode under ground mining ataupun penambangan bawah tanah. Sejak berakhirnya penjajahan Belanda, pada tahun 1950 pemerintah mengesahkan terbentuknya Perusahaan Negara Tambang Arang Bukit Asam disingat PN TABA.
Hingga pada 1981, PN TABA berubah status jadi perusahaan Perseroan Terbatas bernama PT Tambang Batu Bara Bukit Asam atau Persero Tbk.
B. Ombilin
Tambang batu bara di daerah Ombilin ini terletak di Sawahlunto, Sumatera Selatan. Namun pada bulan April 2016 lalu, beredar isu tambang batubara pada daerah ini akan segera ditutup. Hal ini dikarenakan telah berhentinya proses produksi batubara pada februari 2016
Tambang batu bara ini adalah yang tertua di Indonesia. Pertama kali dimulai aktivitas pertambangan pada tahun 1868 ketika kolonial belanda masih ada di Indonesia ditemukan oleh Willem Hendric de Greeve.
C. Sungai Berau
Terletak di kota Samarinda, Kalimantan Timur. Sungai Berau juga menjadi salah satu daerah penghasil Batubara di Indonesia.
D. Aceh Barat
Salah satu derah penghasil batu bara di Indonesia yang ada di Aceh adalah Meulaboh, Aceh Barat. Namun, pertambangan batubara ini akan ditutup oleh PT Mifa dikarenakan harga batubara yang mahal. sehingga, PT Mifa dengan terpaksa memecat sebagian besar karyawannya.

Disqus Comments