Industri Akar Kayu Jati Yang Mendunia

“ INDUSTRI AKAR KAYU JATI YANG MENDUNIA “

            Tidak hanya kayunya saja, namun ternyata seluruh bagian pada pohon jati bisa dimanfaatkan. Seperti batangnya bisa dijadikan sebagai bahan dasar furniture, daunnya bisa dijadikan untuk membungkus, dan akarnya pun bisa digunakan sebagai bahan dasar furniture dan kerajinan. Banyak manfaat yang bisa di ambil dari pohon jati ini.
            Semakin berkembangnya dunia industri di Indonesia membuat para pengusaha di bidang kerajinan harus memutar otak untuk bersaing di pasar dagang. Disini mereka dituntut untuk terus menciptakan sesuatu yang kreatif dan inovatif.
            Sampai sejauh ini daerah yang masih mengolah akar kayu jati adalah daerah Blora. Disini akar kayu jati diolah dan diproduksi dengan sedemikian rupa sekreatif mungkin agar tidak kalah dengan industri kerajinan lainnya.
            Cara mengolah akar kayu jati ini adalah pertama-tama biarkan terlebih dahulu akar di ruangan terbuka agar terkena panas dan hujan. Penjemuran ini sangat menentukan kualitas akar kayu. Jika berkualitas akar kayu ini tidak akan rusak meski terkena panas dan hujan. Namun sebaliknya, jika akar kayunya rusak dan mudah rapuh berarti akar kayu jati ini berkualitas jelek.

            Akar kayu jati ini bisa diolah menjadi furniture dan hiasan rumah. Sampai sejauh ini peminat/konsumen akar kayu jati ini sudah sampai kemanca negara. Dan bahkan akar kayu jati ini sudah menjadi barang ekspor yang sangat diminati di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa, terutama Belanda.


Disqus Comments